Selasa, 15 November 2011

KEUTAMAAN SHOLAT DHUHA

Shalat Dhuha adalah shalat sunnat yang dilakukan di waktu dhuha. Waktu dhuha adalah waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya (kira-kira pukul tujuh pagi) hingga waktu dzuhur. Jumlah raka'at shalat dhuha bisa dengan 2 rakaat, 4 rakaat, 8 rakaat atau 12 raka'at yang dilakukan dalam satuan 2 raka'at sekali salam. 

Di dalam Surah Adh-Dhuha Allah SWT bersumpah dengan waktu dhuha dan waktu malam: Beberapa ahli tafsir berpendapat bahwa kedua waktu itu adalah waktu yang paling utama dalam setiap-harinya. Rasulullah Shallallohu ‘Alaihi Wasallam bersabda: “Shalat dhuha itu (shalatul awwabin) adalah shalat orang yang kembali kepada Allah,setelah orang-orang mulai lupa dan sibuk bekerja, yaitu pada waktu  
                                    anak-anak unta bangun karena mulai panas tempat berbaringnya.” (HR Muslim).

Rasulullah saw bersabda: “Setiap pagi setiap persendian salah seorang diantara kalian harus (membayar) sadhaqah; maka setiap tasbih adalah sadhaqah, setiap tahmid adalah sadhaqah, setiap tahlil adalah sadhaqah, setiap takbir adalah sadhaqah, amar ma’ruf adalah sadaqah, mencegah kemungkaran adalah sadhaqah, tetapi dua raka’at dhuha sudah mencukupi semua hal tersebut” (HR.Ahmad, Muslim dan Abu Daud).

Abu Hurairah ra berkata : “Kekasihku Rasulullah saw telah berwasiat kepadaku untuk berpuasa tiga hari setiap bulan, dua raka’at shalat dhuha dan witir sebelum tidur” (HR.Bukhari, Muslim, Abu Dawud). Rosulullah SAW bersabda :“ Siapa saja yang dapat mengerjakan Shalat Dhuha dengan langgeng, akan di ampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan. “( HR Tirmidzi ) 

Nabi Muhammad SAW bersabda :“ Sesungguhnya di Surga itu ada pintu yang disebut pintu membiasakan shalat Dhuha ? Inilah pintu kamu sekalian, masuklah kamu sekalian dengan penuh Rahmat Allah SWT. “
( HR Thabrani ) Dari Abdullah bin `Amr bin `Ash radhiyallahu `anhuma, ia berkata: “Barangsiapa yang berwudhu’, kemudian masuk ke dalam masjid untuk melakukan shalat Dhuha, dia lah yang paling dekat tujuanannya (tempat perangnya), lebih banyak ghanimahnya dan lebih cepat kembalinya.” (HR.Ahmad dan Tabrani) 

Nabi Muahammad saw bersabda :“Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak delapan rakaat, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (Shahih al-Jami`: 634) Dari Abu Umamah ra bahwa Rasulullah saw bersabda : “Barang siapa yang keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci untuk melaksanakan shalat wajib, maka pahalanya seperti seorang yang melaksanakan haji. Barang siapa yang keluar untuk melaksanakan shalat Dhuha, maka pahalanya seperti orang yang melaksanakan `umrah…”(Shahih al-Targhib: 673).

Dari Abud Darda RA bercerita : Rasulullah SAW bersabda. "Barangsiapa mengerjakan shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak termasuk orang-orang yang lengah. Barangsiapa shalat empat rakaat, maka dia termasuk orang-orang yang ahli ibadah. Barangsiapa mengerjakan enam rakaat maka akan diberikan kecukupan pada hari itu. Barangsiapa mengerjakan delapan rakaat, maka Allah menetapkannya termasuk orang-orang yang tunduk dan patuh. Dan barangsiapa mengerjakan shalat duabelas rakaat, maka Allah akan membangunkan baginya sebuah rumah di Surga. Dan tidaklah satu hari dan tidak juga satu malam, melainkan Allah memiliki karunia yang danugerahkan kepada hamba-hamba-Nya sebagai sedekah. Dan tidaklah Allah memberikan karunia kepada seseorang yang lebih baik daripada mengilhaminya untuk selalu ingat kepada-Nya" ( HR. Ath-Thabrani ) 

LAFAZH NIAT SHALAT DHUHA :
اصلى سنة الضحى ركعتين مستقبل القبلة لله تعا لى
( Sengajaku Shalat Sunnah Dhuha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala )

DOA SETELAH SHALAT DHUHA

اللهم ا ن ا لضحا ء ضحاء ك وا لبهاء بهاءك والجمال جما لك والقوة قوتك والقد رة قدرتك والعصمة عصمتك اللهم ان كان رزقي فى السماء فا نزله وان كان فى الا رض فا خرجه و ان كان معسرا فيسره و ان كا ن حراما فطهره وان كان بعيدا فقربه بحق ضحاءك وبهاءك وجمالك وقوتك وقدرتك اتني ما اتيت عبا دك الصا لحين 

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah, apabila rizkiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sulit mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekaatkanlah, dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu. (Ya Allah) datangkanlah kepadaku apa yang telah engkau datangkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh. 

DI ANTARA KEUTAMAAN SHALAT DHUHA : jika dikerjakan sebanyak 2 Rakaat : Diberkahi kehidupannya, jika dikerjakan sebanyak 4 Rakaat : Diberkahi kehidupannya + Diampuni dosa-dosanya, jika dikerjakan sebanyak 8 Rakaat : Diberkahi kehidupannya + Diampuni dosa-dosanya + Dicukupkan kebutuhannya. jika dikerjakan sebanyak 12 Rakaat : Diberkahi kehidupannya + Diampuni dosa2 nya + Dicukupkan kebutuhannya + Dibangunkan istana di Surga

Ikuti Shalat Dhuha dengan Bersedekah “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)." (HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010) Dan diketahui secara umum bahwa do'a malaikat adalah dikabulkan, sebab tidaklah mereka mendo'akan bagi sese-orang melainkan dengan izinNya.

MAJLIS DHUHA “ AR-RAHMAN” jl. Nunyai Rajabasa, Setiap Ahad Pagi pukul 07.30 s/d 08.30

Tidak ada komentar: