Rabu, 30 Mei 2012

Cerita hari ini “ SEKOLAH BINATANG TERPADU”


Di sebuah hutan berkumpullah para sesepuh binatang yaitu Gajah, Harimau, Singa, Babi dan Badak, mereka ingin mendirikan sebuah sekolah dengan nama Sekolah Binatang Terpadu.

Selanjutnya mereka bermusya warah  menentukan materi  tes saat PSB ( Penerimaa Siswa Baru ) nanti…. Disepakatilah bahwa materi tesnya adalah berlari, berenang , terbang  dan menggali. 

Akhirnnya Penerimaan Siswa Barupun dibuka . hari pertama mendaftar 3 ekor  burung , mereka di tes untuk menunjukkan skill mereka, mereka langsung terbang dengan aksi yang bgitu menawan.  akhirnya merekapun  lulus.. 

Hari kedua mendaftarlah seekor  bebek , diapun di tes untuk menunjukkan skillnya, dia langsung  berenang dengan aksi yang begitu lincah. akhirnya diapun  lulus.. 

Hari ketiga  mendaftar 3 ekor  kuda , merekapun  di tes untuk menunjukkan skill mereka, mereka langsung  berlari dengan cepat  dan aksi yang bgitu menawan… akhirnya merekapun  lulus.. 

BETAPA RIANGNYA  BURUNG… BEBEK… DAN KUDA… mereka angkatan pertama yang diteerima di Sekolah Binatang Terpadu . Namun apa yang  terjadi ?  Setelah satu bulan mereka lalui mereka sudah mulai jenuh dalam  belajar… Malas … Cemas  dan takut ketika berangkat sekolah… MENGAPA ???? 

Si Burung ketika pelajaran berenang dimulai dia dimarahi, dibentak dan dipaksa harus bisa berenang oleh gurunya, diapaun mulai stress akhirnya keahliannya terbangpun berkurang, bahkan diapun dihina oleh teman-temannya yang tidak sekolah…dia sering melamun… dia sangat benci dengan gurunya.

Si bebek  ketika pelajaran  berlari  diapun mulai  pusing dimarahi, dibentak dan dipaksa harus bisa  berlari seperti kuda , diapun mulai stress akhirnya keahliannya  berenangpun semakin  berkurang, bahkan diapun dihina oleh teman-temannya yang tidak sekolah…  

Si Kudapun mengalami nasib sama, ketika pelajaran Terbang  dimulai  diapun mulai dimarahi, dibentak dan dipaksa harus bisa terbang seperti burung  oleh gurunya, diapaun mulai stress akhirnya keahliannya  berlari kencangpun  kian berkurang, bahkan diapun dihina oleh teman-temannya yang tidak sekolah…

Hikmah kisah :

BETAPA BANYAK SISWA DAN SISWI yang jadi korban ketika seorang guru tidak pernah memperhatikan, mempelajari keahlian dan potensi yang ada pada siswa-siswinya. Setiap orang Allah ciptakan dengan keahlian dan potensi masing-masing.  

Lihat keceriaan siswa-siswi ketika baru masuk pada th ajaran baru... Namun sayang secara perlahan keceriaan itu kian berkurang bahkan hilang...

Allah tidak pernah salah dalam menciptakan makhlukNya, tidak ada manusia yang bodoh… yang ada adalah guru yang belum bisa mengajar…  dari pemahaman inilah kita akan mulai membangun KARAKTER.

Tidak ada komentar: